ebilling

eBilling, Solusi Mudah Membayar Pajak

Saat ini Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan layanan pembayaran pajak secara online melalui sistem ebilling. Beberapa macam pajak yang yang merupakan kewajiban masyarakat untuk membayar pajak tersebut. Diantaranya yaitu pajak penghasilan pajak bumi dan bangunan serta berbagai pajak lainnya yang telah diatur pemerintah. Pembayaran ini dilakukan dengan layanan ebilling yaitu metode pembayaran elektronik dengan sistem billing.

Adanya pembayaran melalui metode tersebut, peserta wajib pajak dapat melakukan transaksi perpajakan lebih efisien dan akurat. Efisien di sini memiliki arti yaitu mudah dan lebih cepat. Hal ini dikarenakan metode pembayaran online dapat dilakukan tidak harus ke bank melainkan melalui internet banking atau mesin automatic teller machine (ATM).

Dengan metode pembayaran online ini, peserta wajib pajak cukup memasukkan kode billing melalui Mobile Banking ataupun ATM. Kode billing ini merupakan kode pembayaran dan pengganti surat setoran pajak. Selain melalui ATM transaksi ini juga dapat dilakukan di kantor pos ataupun langsung ke bank. Prosedur pembayaran juga sama yaitu cukup menunjukkan kode billing.

Adapun keunggulan lain dari ada pembayaran online ini yaitu lebih akurat. Di sini memiliki arti adanya sistem ini membimbing para peserta wajib pajak dalam mengisi surat setoran pajak elektronik dengan benar serta tepat sesuai dengan aturan transaksi perpajakan. Sehingga ini dapat meminimalisir kesalahan yang sering terjadi seperti kesalahan data meliputi kode jenis setoran ataupun kode akun pajak. Hal ini dikarenakan adanya kesalahan input data yang dilakukan oleh teller bank.

Namun saat ini dengan sistem ebilling peserta wajib pajak itu sendiri yang mengisi data transaksi perpajakan melalui aplikasi billing. Setelah mengisi data tersebut peserta wajib pajak akan mendapatkan kode billing. Apabila kode billing ini dimasukkan dalam sistem komputer di teller bank, maka secara otomatis data peserta wajib pajak muncul layar komputer tersebut. Terdapat dua cara untuk melakukan transaksi perpajakan dengan sistem ebilling, yaitu pertama dengan langsung lewat aplikasi yang telah disediakan DJP. Kedua melalui bantuan jasa aplikasi perpajakan yang telah bekerjasama dengan DJP.

Tata Cara Pembayaran dengan Sistem Billing

  1. Anda harus mengunjungi halaman website DJP (pajak.go.id.), kemudian login ke website tersebut.
  2. Setelah memasuki laman website anda perlu memasukkan NPWP password letak kode keamanan agar bisa log in ke akun anda.
  3. Lalu klik menu ebilling system
  4. Pilih menu isi surat setoran elektronik (SSE).
  5. Disini anda akan mendapatkan formulir SSE (surat setoran elektronik) yang harus diisi
  6. Pada formulir tersebut data pribadi anda akan terisi secara otomatis. Anda hanya perlu mengubah pada kolom koran jenis pajak tahun pajak Masa pajak, jumlah setoran, dan uraian pajak yang akan dibayarkan.
  7. Setelah anda selesai mengisi amati ulang terlebih dahulu agar tidak ada kesalahan, kemudian klik simpan
  8. Klik pada pilihan selanjutnya klik cetak kode billing.
  9. Setelah anda mendapatkan kode billing, Pembayaran pajak secara online dapat dilakukan melalui ATM walaupun kantor pos. Transaksi ini juga dapat dilakukan melalui Internet Banking.

Selain melalui akun resmi DJP online, pembuatan akun ebilling dapat dilakukan melalui aplikasi layanan jasa perpajakan yaitu klik pajak. Aplikasi tersebut telah resmi bermitra dengan DJP, sehingga dapat langsung mengakses ke sistem DJP. Selain itu, adanya bantuan layanan jasa tersebut Anda juga dapat melakukan berbagai transaksi perpajakan dengan sistem yang mudah melalui klikpajak.

Perlu diketahui pembayaran pajak ini sangat penting guna pembangunan sebuah Negara.

Fungsi Pajak

  • Masyarakat membayar pajak melalui online ataupun secara manual datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) . Anggaran yang masuk ini digunakan pemerintah untuk membiayai segala kebutuhan dan pengeluaran negara. Seperti pengeluaran untuk anggaran proyek produksi barang ekspor.
  • Selain Selain itu uang pajak yang disetor masyarakat tersebut juga digunakan untuk mendanai pengaruh pengeluaran pembangunan infrastruktur, biaya kesehatan pertanian pendidikan serta lainnya.
  • Selain itu uang pajak juga digunakan untuk menggaji para aparatur sipil negara.

Demikian informasi seputar pajak dan langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin melakukan transaksi melalui sistem billing.